Pantai Cemara Kembar, Menikmati Panorama Pantai Romantis Sambil Menikmati Replika Istana Sultan Serdang Bedagai

Posted on


Jelajahi keindahan Pantai Cemara Kembar di Serdang Bedagai, sambil menikmati replika Istana Sultan dan panorama pantai romantis.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai ATP No. 15, Desa Sei Nagalawan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Pantai Cemara Kembar adalah tujuan wisata favorit yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Banyak hal unik dan menarik yang bisa ditemukan di dalamnya. Anda akan bisa menyaksikan jernihnya air pantai serta pasir putihnya yang sangat halus. Wisata bahari eksotis ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Keindahan alam di pantai Sumatera ini seolah menjadi semakin menarik dikunjungi dengan adanya fasilitas memadai. Pihak pengelola selalu berusaha dengan cermat untuk menjadikan kawasan wisata alam ini sebagai daftar wisata bahari yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki pantai unik ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara Kembar

Daya Tarik Pantai Cemara Kembar
Photo by Juliana Veronika Tiurma Damanik / Google Maps

Pantai Romantis

Salah satu keunikan yang bisa ditemukan di kawasan wisata ini yaitu menyediakan area romantis. Pengunjung bisa menemukan tempat gembok cinta dimana para pasangan bisa memasangkan gemboknya di ujung jembatan. Selain itu, terdapat juga fasilitas berupa love swing, rumah pohon dan juga love boat.

Rumah Adat Melayu

Daya tarik berikutnya dari area Pantai Cemara Kembar Serdang Bedagai ini adalah keindahan pemandangan alamnya. Keindahan tersebut semakin sempurna dengan dilengkapi pasir putih dan deburan ombak yang menawan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan rumah adat melayu yang memberikan kesan romantis dan keunikan tersendiri.

Rumah adat yang ada di pantai kembar ini terbuat dari material bambu dan bentuknya bertingkat seperti rumah panggung. Pada setiap sisinya, rumah adat ini dilengkapi dengan kelambu warna warni yang memberikan kesan ornamen khas melayu. Banyak yang menjadikan rumah adat ini sebagai spot foto menarik bersama dengan keluarga.

Bahkan biasa dijadikan sebagai spot foto prewedding. Selain bisa digunakan sebagai spot foto, kawasan rumah adat melayu ini juga bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat sembari menikmati keindahan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Melihat Replika Istana Sultan Serdang

Tempat dari destinasi wisata replika Istana Sultan Serdang inu berada di Perempatan tepat sebelum masuk kawasan Pantai Cemara Kembar di Serdang Bedagai ini. Anda bisa menemukan replikasi istana ini di Jalan Lintas Sumatera. Untuk istana yang sebenarnya berada di desa Galuh, Perbaungan. Banyak wisatawan yang memilih untuk menyaksikan keindahan replika istina ini.

Bisa dikatakan bahwa istana ini dulunya dijadikan sebagai simbol kejayaan dari kerajaan Serdang. Dulunya, istana asli kerajaan Serdang ini dibakar oleh Belanda karena tidak memberikan dukungan kepada penjajah. Kemudian pembuatan replika istana ini dilakukan dibawah kepemimpinan Sultan Serdang Allahyarham Tuanku Luckman Sinar Basarshah II SH.

Peresmian bangunan replika ini dilakukan pada tanggal 7 Januari 2012. Tujuan dari pembangunan replika ini tidak lain untuk memperkembangkan nilai sejarah yang pernah ada di indonesia. Banyak siswa sekolah yang diajak rekreasi di kawasan wisata peninggalan sejarah tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Cemara Kembar
Photo by Ie Chien / Google Maps

Pantai Cemara Kembar ini berada di Jalan Pantai ATP, Desa Sei Nagalawan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Jika ditempuh dari pusat kota, wisatawan perlu melakukan perjalanan sekitar 45 Menit dengan waktu 1 jam. Jika perjalanan dari arah Medan, jarak tempuhnya sekitar 59,2 km sehingga memahami waktu yang lebih lama yaitu 1 jam 15 menit.

Rute perjalanan yang perlu dilalui diantaranya yaitu Tol Medan menuju Kualanamu-Tebing Tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan memasuki rute Tol Perbaungan, Jalan Medan – Pematang Siantar hingga menemukan Jalan Besar Pantai Kelang dan Jalan Pantai ATP. Perjalanan menuju kawasan wisata ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jenis transportasi umum yang bisa dijadikan pilihan diantaranya ada Angkot dan juga taksi online. Jika naik angkot, Anda bisa memulai perjalanan dari Rajawali menuju Simpang Bulu. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek. Biaya yang dikeluarkan untuk menaiki angkutan umum ini yaitu sekitar Rp 24.000.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Jika ingin menikmati keindahan di kawasan wisata bahari ini maka Anda perlu membayarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 40.000. dengan harga tiket tersebut, Anda akan diberi makanan ringan dan juga air minum. Setelah itu, wisatawan sudah bisa leluasa menghabiskan waktu dan menggunakan setiap fasilitas yang disediakan pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Pantai Cemara Kembar
Photo by Rangga Satya Tarigan / Google Maps

1. Menikmati Keindahan Pantai yang Bersih

Perlu diketahui bahwa kawasan Pantai Cemara Kembar ini baru saja dibuka pada tahun 2016 dan sudah mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Pantai dengan luas 8 hektar ini memang mampu menawarkan keindahan dan juga lingkungan yang sangat bersih dan segar. tentu hal ini menjadi salah satu pemikat bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Kawasan wisata alam ini terlihat sangat bersih karena tidak banyak sampah yang berserakan dimana mana. Pasir putih dari pantai cantik ini bisa dikatakan sebagai daya tarik unik tersendiri. Anda wajib mendatangi kawasan wisata ini untuk menikmati keindahan alamnya.

2. Mengunjungi Rumah Adat Melayu di Area Pantai Cemara Kembar

Kegiatan berikutnya yang tidak boleh terlewatkan ketika berada di Pantai Cemara Kembar ini yaitu dengan mendatangi area khusus rumah adat Sumatera Utara. Bagi Anda yang ingin menikmati kesederhanaan dan juga keindahan pantai secara bersamaan maka bisa memilih bersantai di kawasan rumah adat yang ada di area pantai wisata unik ini.

3. Mendatangi Area Observasi

Salah satu bentuk keunikan yang bisa ditemukan yaitu area wisata ini memiliki kawasan observasi yang berada di sepanjang Pantai Cemara Kembar Serdang Bedagai yang berada di dalam hutan kecil. Selain itu, terdapat juga beberapa gazebo yang dihiasi dengan kain warna warni sehingga terkesan sangat estetik.

4. Mengambil Gambar dan Menyaksikan Live Music

Banyak sekali jenis kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan wisata Sumatera Utara ini. Adna bisa memilih berfoto di berbagai spot foto yang ada, bermain flying fox, outbound dan menyaksikan live music. Pastikan Anda mengetahui jadwal live music yang diselenggarakan oleh pengelola Pantai Cemara Kembar. bagaimana caranya? Tentu melalui situs resmi atau media sosial pengelola resmi pantai.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pantai Cemara Kembar
Photo by Gala Lubis / Google Maps

Ketika memilih mendatangi kawasan wisata ini, Anda akan bisa menemukan banyak fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut diantaranya berupa lahan parkir, kantin, gazebo dan masih banyak lainnya. Anda bahkan diberi kesempatan untuk membeli tiket wisata seharga Rp 100.000 untuk bisa melakukan wisata pantai, kuliner dan juga budaya secara sekaligus.

Fasilitas lainnya yang bisa ditemukan di kawasan Pantai Cemara Kembar ini yaitu berupa penyewaan tikar, aula, fotografer gratis dan masih banyak lagi. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai keren ini yaitu pada saat hari minggu atau libur nasional karena ada pembagian tiket gratis bermain wahana flying fox.

Untuk bisa mengitari setiap sisi pantai, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya dengan pihak pengelola. Di kawasan pantai yang indah ini, Anda bisa menemukan banyak pohon pinus yang berjajar. Selain itu, Ada juga kelambu dengan hiasan kotak warna warni pada bagian batangnya. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis hiasan serta ornamen yang menghiasi pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *